Struktur kurikulum

  1. Program Pembelajaran
  2. Kelompok Mata Pelajaran

                       a.          Mata Pelajaran Wajib A (6 Mapel)

  1.                        b.          Mata Pelajaran Wajib B (4 Mapel)
  2.                        c.          Mata Pelajaran Peminatan MMIPA (4 Mapel)
  3.                        d.          Mata Pelajaran Peminatan IPS (4 Mapel)
  4.                        e.          Mata Pelajaran Peminatan Bahasa dan Budaya (4 Mapel)
  5.                         f.          Mata Pelajaran Lintas Peminatan
    1. Struktur Kurikulum

 

 

 

 

  1. Peminatan

Peminatan meliputi MIPA, IPS, Bahasa dan Budaya. Peminatan didasarkan pada:

  1. Minat Peserta Didik
  2. Tes Potensi Akademik (IQ)
  3. Tes penempatan
  4. Nilai Rapor SMP/MTs
  5. Kuota

1)      Peminatan MIPA

                                    a)      Putra (3 Kelas)

                                    b)      Putri (3 Kelas)

2)      Peminatan IPS

                                     a)     Putra (2 Kelas)

                                     b)     Putri (3 Kelas)

3)      Peminatan Bahasa dan Budaya (Putri) (1 Kelas)

  1. Kelas Program Khusus

Menindaklanjuti keputusan Seksi Pendidikan Yayasan Majlis Tafsir Al Qur`an Surakarta Nomor: 32/K1/PP-02/VI/2012, tentang Pembentukan Kelas Program Khusus di SMA MTA Surakarta :

  • Maka pada tahun pelajaran 2017/2018 SMA MTA masih membuka kelas program khusus dengan perekrutan didasarkan pada IQ, Test Peminatan, Raport SMP/MTS dan jumlah  hafalan dari SMP/MTS.
  • Kelas program khusus adalah kelompok peminatan matematika dan MIPA dengan penambahan penguatan Tahsin, Tahfidz (6), Bahasa Arab (4) dan Bahasa Inggris (4).
  • Target lulus dari SMA MTA hafalan Al Qur`an minimal bertambah 3 juz untuk kelas program khusus .
  1. Mata Pelajaran Lintas Minat

Selain mengikuti seluruh mata pelajaran di Kelompok Peminatan, setiap peserta didik harus mengikuti matapelajaran tertentu untuk lintas minat dan/atau pendalaman minat :

  • Jumlah jam untuk lintas minat sebanyak  6 jam pelajaran (2 Mapel) di Kelas X dan
  • 4 jam pelajaran (1 Mapel) di Kelas XI dan XII.

Mata pelajaran lintas minat yang dipilih tetap dari Kelas X sampai dengan XII.

Karena keterbatasan ruang kelas dan untuk mendukung visi misi yayasan serta untuk memudahkan pengelolaan maka pada tahun pelajaran 2017/2018 mata pelajaran lintas minat Kelas X meliputi:

  • Putra MIPA               : Bahasa Arab dan Ekonomi
  • Putri MIPA                : Bahasa Arab dan Geografi
  • Putra IPS                   : Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  • Putri IPS                    : Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  • Bahasa dan Budaya : Geografi dan Ekonomi
  1. Penilaian
    1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
    2. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan dalam bentuk ulangan, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan.
    3. Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk:

1)      mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi Peserta Didik;

2)   memperbaiki proses pembelajaran; dan

3)   menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tengah semester, akhir semester, akhir tahun. dan/atau kenaikan kelas.

  1. Lingkup Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  2. Penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik.
  3. Penilaian pengetahuan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik.
  4. Penilaian keterampilan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu.
  5. Skala penilaian untuk kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan menggunakan rentang angka 0 – 100 dengan deskripsi.
  6. Skor rerata untuk ketuntasan aspek pengetahuan dan aspek keterampilan masing-masing ditetapkan minimal 68.

Hasil penilaian sikap selama periode satu semester dilaporkan dalam bentuk predikat sangat baik, baik, cukup, atau kurang serta deskripsi yang menggambarkan perilaku peserta didik.

Skala Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan:

Nilai Ketuntasan Pengetahuan dan Keterampilan

Rentang Angka

Huruf

KKM : 68

 

N < 68

D (kurang)

68 < N < 78

C (cukup)

78 < N < 89

B (baik)

89 < N < 100

A (sangat baik)

KKM : 70

 

N < 70

D (kurang)

70 < N < 80

C (cukup)

80 < N < 90

B (baik)

90 < N < 100

A (sangat baik)

  1. Kenaikan Kelas

Peserta didik kelas X dinyatakan naik ke kelas XI apabila telah memenuhi syarat sebagai berikut :

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.
  2. Predikat sikap minimal baik yang memenuhi indikator kompetensi sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh SMA MTA Surakarta.
  3. Predikat kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan minimal baik.
  4. Tidak memiliki lebih dari 2 mata pelajaran yang masing-masing capaian pengetahuan dan/atau ketrampilan di bawah KKM. Apabila ada mata pelajaran yang tidak mencapai KKM pada semester ganjil dan/atau semester genap, maka ketuntasan mata pelajaran diambil dari rata-rata nilai setiap aspek mata pelajaran pada semester ganjil dan genap.
  5. Ketidakhadiran peserta didik tanpa keterangan maksimal 10% dari jumlah hari efektif.
  6. Pengembangan Prestasi
    1. Tahsin (2 x 45’)
    2. Tahfidzul Qur’an (2 x 75’ ; 1 x 75’)
    3. Bahasa Arab (2 x 75’ ; 1 x 75’)
    4. Bahasa Inggris (2 x 75’ ; 1 x 75’)
    5. Pembinaan OSN
    6. Bimbingan Masuk PTN
    7. Keikutsertaan Berbagai Lomba Akademik dan Non Akademik
  7. Ekstra Kurikuler

Kegiatan Ekstrakurikuler dilaksanakan di luar Intrakuler, meliputi:

  1. Pramuka (Ekstra Wajib)
  2. Bahasa Jepang
  3. Olah Raga (Sepak Bola, Bola Volly, Bulu Tangkis, Sepak Takraw)
  4. Bela Diri (Karate, Pencak Silat, Kungfu)
  5. PALASTA
  6. KIR
  7. PMR
  8. Tata Boga
  9. ORSESI
    1. Kegiatan di Asrama dan Targetnya
      1. Qiraatul Qur’an (Mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar)
      2. Tahfidzul Qur’an
      3. Bahasa Arab (Mampu berbahasa Arab Harian)
      4. Khitobah (Mampu menjadi khotib/kultum di kelompok belajar)
      5. Hadits Arbain (Mampu memahami dan mengamalkan nilai-nilai Sunnah Nabi)
      6. Fiqih Ibadah

                     a.     Mampu melaksanakan Thaharoh dengan baik dan benar

                     b.     Mampu menjalankan ibadah sholat dengan baik dan benar

                     c.     Terbiasa menjalankan sholat sunah ( sholat sunnah rawatib, dhuha dan lail)

  1. Aqidah Akhlaq

                     a.     Mempunyai keyakinan yang kuat terhadap rukun iman yang 6

                     b.     Berperilaku sopan kepada orang lain

                     c.     Mampu menghindari larangan agama.