Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA MTA Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019

masa-pengenalan-lingkungan-sekolah-mpls-sma-mta-surakarta-tahun-ajaran-2018-2019

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang sebelumnya dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.
Biasanya MPLS sepenuhnya dilaksanakan oleh Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung.
Mengapa MPLS masih dianggap penting? karena MPLS dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Selain itu, MPLS dapat dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan.
Kegiatan MPLS SMA MTA Surakarta dilaksanakan mulai Selasa,17 Juli 2018 yang diawali dengan kegiatan upacara bendera. Sesaat selepas Apel pagi (Upacara bendera) acara Ta’aruf Guru dan Karyawan Civitas Akademika SMA MTA Surakarta. Kegiatan berlanjut Penyuluhan dari Sie Pendidikan Yayasan Tentang Yayasan Majlis Tafsir Al-Qur’an dan pengenalan organisasi. Hari ke 2 Rabu 18 juli 2018 Qiro’ah Presensi, Materi Akhlakul Karimah, Informasi Kurikulum SMA MTA Surakarta, dan Penyuluhan Tata Tertib di SMA MTA Surakarta. Hari ke 3 Kamis, 19 Juli 2018 Pengakraban, Penyuluhan Kesehatan Remaja, Wawasan Wiyata Mandala, dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara. Alhamdulillah selama MPLS kegiatan berjalan dengan lancar atas ridho Allah SWT. Aamiin ya Rabbal’alamiin..

Share:

Leave a Reply