JUARA 1 LOMBA MEMBATIK DINUSFEST 2019

juara-1-lomba-membatik-dinusfest-2019
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengadakan lomba membatik tingkat SMA/SMK/sederajat. Menumbukan kecintaan terhadap budaya bangsa yang terus ditanamkan kepada generasi muda. Ada 100 siswa berbagai SMA sederajat mengikuti kompetisi yang merupakan rangkaian Dinusfest 2019. Alhamdulillah SMA MTA Surakarta Meraih Juara 1 ???? ???? ???
dengan mengambil tema ”Nyangkuyung Lan Angraksa Kebudayan Jawi” Perbedaan lomba batik tahun ini dengan tahun sebelumnya, jelas dia, yakni hanya pada media lukisnya. ”Tahun ini, media lebih kami perbesar dan bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, misalnya syal.” Dalam lomba batik Dinusfest 2019, peserta telah disediakan kain, canting, malam, dan kompor. Adapun poin penilaian terdapat pada teknik membatik, kreativitas, keunikan, dan kerapian. Peserta juga dapat berkreasi terhadap desain batik yang akan dibuatnya, tetapi tetap mencantumkan logo dari Fakultas Teknik Udinus. Selain lomba batik, BEM FT Udinus juga mengadakan lomba gamelan yang telah diadakan pada Selasa.
Kahumas Udinus, Agus Triyono menambahkan, ajang perlombaan yang disesuaikan dengan program studi akan memiliki manfaat lebih yang didapat peserta. Selain itu Udinus juga bisa memperkenalkan berbagai program studi yang ada.

Menurutnya, kegiatan membatik menjadi lomba yang bagus untuk melestarikan budaya Jawa. “Jadi passion mereka bisa dikembangkan lebih jauh. Tujuan kami adalah memberikan ruang bagi anak SMAuntuk berkreasi. Selain itu juga agar Udinus dapat mencari bibit baru yang unggul dan berprestasi. Mereka juga bisa melestarikan budaya Jawa,” kata Agus.

Dinusfest merupakan agenda tahunan Udinus yang berisi rangkaian lomba antar SMA/SMK/sederajat. Dalam acara yang berlangsung meriah tersebut terdapat 30 jenis lomba dengan diikuti 4.325 peserta.

Share:

Leave a Reply